Durian Buah Berduri Disukai Banyak Orang - Buyatarax.info Info Unik

Sabtu, 15 Februari 2020

Durian Buah Berduri Disukai Banyak Orang




Siapa sih yang tidak suka dengan durian ? Ya . buah satu ini memang menjadi primadona di indonesia. Nah, apakah kalian tahu asal usul dan beberapa info menarik dari buah durian ini. Disini saya akan menuliskan beberapa tentang tumbuhan ini. Tumbuhan durian ialah tanaman yang berasal dari daerah Asia Tenggara. Ini merupakan tumbuhan tropis yang buahnya bisa di makan. Tumbuhan ini memiliki ciri yang sangat unik sehingga sangat mudah untuk di kenali dan aroma yang khasnya ini mmapu menarik perhatian banyak orang. Buah ini memiliki julukan sebagai raja dari segala buah atau king of fruits. Durian merupakan buah yang memiliki kontrovesial, banyak dari orang yang menyukai buah ini, namun banyak juga yang muak dengan aroma yang di timbulakan buah ini.


Pulau Kalimantan ialah pulau dengan banyak keanekaragaman yang dapat di temukan di perairan ataupun di hutan, termasuk durian. Ditempat ini banyak sekali jenis – jenis durian yang di tanam dan kalian bisa menjumpainya di pasaran dengan mudah dan dengan harga yang terjangkau tentunya. Namun pengeksor utama durian bukan berasal dari Kalimantan tapi berasal dari Thailand. Negara itu mampu mengembangkan system kultivar dengan mutu yang sangat tinggi dan menggunakan system yang sangat baik. Durian memiliki beranekamacam jenis seperti yang ada di Indonesia sudah mencapi 20 jenis. Dan hanya 9 jenis yang dapat di makan. Banyak sekali ras – rs lokal yang di kenal masyarakat dengan baik namun belum pernah mendapat tahap seleksi dengan baik sehingga kualitasnya belum meningkat. Nah ini merupakan beberapa ras lokal yang belum di seleksi dan di namai dengan nama daerah tempat durian itu di temukan pertama kalinya yaitu, durian parung, durian lampung, durian jepara, durian Palembang, durian, padang, dan durian banyuwangi.


Durian memang sangat umum di kembangkan orang untuk di makan buahnya dengan dalam keadaan masih segar. Salut biji ini rasanya memang manis dan kandungan gizinya yang sangat banyak seperti mineral, karbohidrat, lemak, dan protein. Pada saaat musimnya buah ini sangat melimpah. Dengan adanya daging durian yang sangat berlebihan ini biasanya di masak dengan menggunakan gula lalu di jadikan dodol durian dan dengan ini mmapu bertahan lumayan agak lama. Dan juga bisa di fermentasikan menjadi tempoyak. Biasanya tempoyak ini di gunakan untuk bahan membuat sambel tempoyak dan untuk memasak makanan dengan campuran ikan. Durian juga sering di masak dan di campur dengan olahan kue – kue tradisional yaitu jenang atau gelamai. Kadang di sajikan dengan nasi pulut dan santan, dan di dunia modern masa kini aroma durian juga dimasukan dalm permen, minuman, es krim, susu dan lainya. Biji durian bisa dimakan atau di bakar dengan tampilan sebagai cemilan. Biji ini harus dimasak dahulu agar kandungan beracunya hilang. Sedangkan kuncup daun, mahkota bunga, dan buah yang masih muda bisa di gunakan untuk bahan memasak sebagai sayuran. Dan beberapa bagian pada tumbuhan durian ini bisa di gunakan untuk pembuatan obat tradisional. Akarnya mampu menyembuhkan demam, dan daunya jika dicampur dengan ceringau bisa menyembuhkan untuk kaki yang cantengan. Kulit buahnya mmapu menyembuhkan kaki yang ruam dan sulit BAB, kulit buah ini juga bisa di bakar dan bahkan abunya di jadikan campuran ramuan untuk membuat obat pelancar haid dan menggugurkan kandungan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda